Long Tail Keyword

long tail keyword

Dalam SEO, keyword menjadi poros utama yang harus kamu perhatikan, tidak terkecuali jenis kata kunci seperti long tail keyword. Kata kunci ini termasuk pendukung keberhasilan proses ranking website mu.

Nah dalam artikel ini, kamu akan tahu lebih baik mengenai apa itu long tail keywords, manfaat, dan juga contohnya. Mari kita mulai

Apa itu Long Tail Keyword?

Long tail keywords merupakan kata kunci yang biasanya lebih panjang dan spesifik dari keyword utama dengan search volume yang kecil.

Contohnya seperti Jasa SEO specialist yang menjadi long tail dari Jasa SEO. Bisa terlihat dari jumlah kata yang lebih panjang dan juga pencarian yang lebih sedikit.

keyword volume

Mengapa Bernama “long-tail” keyword?

Banyak yang salah kaprah tentang kata kunci satu ini. Biasanya mereka mengira kata kunci ini bernama long tail keywords karena jumlah katanya yang banyak dan panjang.

Padahal tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Karena ada juga long tail yang hanya terdiri dari satu suku kata.

Jadi long-tail keyword ini ciri utamanya terletak pada volume pencariannya yang sedikit. Berbeda dengan head keyword yang populer dan pencariannya bisa jutaan per bulan.

Contoh Long Tail Keyword

Supaya lebih jelas, berikut ini beberapa contoh long tail keyword, ada yang memasukan keyword utama ada juga yang tidak dengan panjang bervariasi.

contoh long tail keyword

Mengapa Harus Fokus ke long tail keyword?

Ada banyak alasan mengapa long-tail keywords ini layak untuk dicoba, berikut di antaranya

1. Persaingan Long tail Keyword Relatif Mudah

Kebanyakan keyword panjang ini memiliki tingkat kesulitan yang kecil, sehingga lebih mudah untuk website mendapat ranking di mesin pencari.

2. Conversion Rate Lebih Tinggi

Sifat keyword long tail yang lebih spesifik, membuat tingkat konversinya jadi lebih tinggi. Hal ini karena orang sudah tahu apa yang dicari dan kamu bisa menyediakannya dengan tepat sasaran.

3. Ada Banyak Turunan

Kamu tidak akan kehabisan konten jika berfokus ke long tail keywords, karena memang ada banyak sekali pilihannya. Contohnya seperti tools website terbaik untuk bisnis, tools website terbaik untuk fotografer, dan lainnya.

Jadi dari parent topic tools website terbaik, kamu bisa mendapatkan banyak topik artikel dengan mudah.

Manfaat Long Tail Keywords

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari memanfaatkan keyword long tail ini seperti misalnya:

1. Membantu Me-ranking Keyword Utama

Dengan menargetkan keyword long tail, secara tidak langsung kamu juga bisa membantu ranking keyword utamanya. Jadi kamu bisa merangking banyak keyword sekaligus di satu konten dan traffic jadi lebih banyak.

2. Bisa Mengoptimasi Strategi Blog

Untuk meningkatkan peringkat website mu membuat blog atau artikel konten bisa jadi cara termudah. Dengan memanfaatkan long tail keyword ini kamu bisa mendapat insight tentang konten apa yang bisa kamu buat jadi tidak perlu pusing lagi.

3. Buat Konten Lebih Personal

Karena sifat long tail yang spesifik, kamu bisa membuat konten yang personal untuk beberapa kelompok sehingga tertarget. Misalnya rekomendasi baju kondangan pria, rekomendasi baju kondangan wanita, dan sebagainya.

4. Riset Keyword Mudah

Manfaat lain dari long-tail keywords adalah cara risetnya yang gampang. Kamu bisa mendapatkan list keyword ini langsung dari Google Analytics yang sudah pasti sesuai dengan data di Google.

5. Investasi Jangka Panjang

Mengoptimalkan keywords long tail bisa jadi langkah terbaik untuk kamu yang mau manfaat jangka panjang. Sebab keyword ini memiliki intent yang jelas dan mengikuti trend kedepannya.

Cara Mendapat long tail keyword

Seperti yang disebutkan di atas, untuk mendapatkan long tail keyword ini sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, berikut beberapa di antaranya
Gunakan Tools Riset.

Jumlah long tail yang banyak bisa Anda filter dan pilih dengan mudah menggunakan tools riset keyword seperti Ahrefs dan juga Google Analytic. Menu keyword explorernya bisa memudahkan Anda memilih.

Lihat Keyword Milik Kompetitor

Jika belum yakin memilih keyword yang layak untuk dioptimasi, kamu bisa melihat keyword long tail milik kompetitor. Bisa gunakan tools analisa seperti Ahrefs atau ubersuggest dan lainnya.

Tinggal filter mana kata kunci dengan volume kecil dan mendapat ranking tinggi di SERP. Setelah itu, kamu bisa dapat banyak kata kunci yang bisa kamu optimasi.

Mencari di Reddit, Quora, dan forum niche

Alternatif lain untuk bisa mendapatkan keyword long tail dengan mudah adalah mengunjungi forum-forum dengan topik tertentu.

Misalnya di quora yang bisa kamu filter untuk topik marketing atau lainnya. Dari sini kamu bisa mendapat banyak pertanyaan yang bisa menjadi ide untuk long tail keyword di website mu.

Nah itu tadi sekilas tentang long tail keyword yang wajib kamu tahu mulai dari pengertian, manfaat dan contohnya. Semoga dapat bermanfaat

Rate this post

Tinggalkan komentar