Link Farming

Link Farming

Link sudah menjadi faktor penting penentu keberhasilan SEO. Sehingga banyak praktisi Jasa SEO melakukan banyak cara untuk memanfaatkan link ini salah satunya dengan link farming dan doorway page.

Padahal praktik ini termasuk Black Hat SEO yang cukup berisiko terutama untuk Anda yang masih pemula. Memangnya apa saja bahaya teknik SEO satu ini? Simak semua jawabannya di artikel berikut ini.

Apa Itu Link Farming?

Link Farming adalah cara untuk meningkatkan ranking di SEO dengan menggunakan beberapa website yang saling terhubung satu sama lain.

Ibarat sebuah peternakan yang menghasilkan hewan ternak untuk dipasarkan, teknik ini pun begitu. Anda bisa mengumpulkan beberapa website dan membuatnya saling terhubung.

Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan backlink dengan mudah. Karena nantinya website-website tersebut menjadi tempat menanam link sehingga terlihat seperti vote terhadap website tertentu.

Sekilas cara ini mirip dengan PBN atau Private Blog Network namun ada sedikit perbedaan. Salah satunya terletak pada koneksi, dimana PBN hanya terhubung ke satu website utama, sedangkan link farm bertaut satu sama lain.

Apa Itu Doorway Page?

Doorway Page adalah sebuah website atau halaman yang dibuat dengan sengaja untuk suatu kata pencarian spesifik. Dari namanya sendiri, cara ini merupakan pintu jalan pintas untuk mendapatkan link dari luar.

Jika Anda lihat dari pengertiannya caranya, teknik ini mirip dengan Link Farm, Tekniknya pun tidak jauh berbeda, hanya saja doorway page lebih spesifik memanfaatkan sesuatu.

Selain itu, visitor yang datang berkunjung ke doorway page ini akan langsung redirect ke website utama. Dengan cara tersebut tentu saja user experience akan ikut jelek.

Apalagi jika di dalam halaman pertama terdapat beberapa domain doorway page yang mengarah ke suatu website. Para pengguna bukannya mendapat solusi tapi justru berkutat dan berputar-putar di website itu saja.

Bahaya Link Farming dan Doorway Page

Secara garis besar, teknik satu ini termasuk teknik ilegal di SEO untuk bisa mendapatkan backlink. Namun sayangnya, karena termasuk cara ilegal, teknik ini cukup berbahaya terlebih lagi setelah algoritma Google update.

Berikut ini beberapa alasan mengapa cara link farming satu ini perlu Anda hindari.

1. Kualitas Link Jelek

Meski bisa mendapatkan banyak link, belum tentu link tersebut bagus. Padahal link yang bagus lah yang bisa berdampak besar pada keberhasilan SEO.

Jika website Anda terlalu banyak link jelek tentu saja user experience akan memburuk. Bukannya rank meningkat, website Anda malah bisa kena banned oleh Google

2. Rawan Terkena Penalty dari Google

Sebagai cara SEO yang ilegal, tentu teknik ini melanggar banyak kebijakan Google yang ada. Hal itulah yang membuat website Anda rawan terkena penalti jika menggunakan teknik ini.

Bot Index Google dapat mendeteksi kejanggalan dalam link yang masuk ke dalam website Anda. Link-link aneh tak biasa inilah yang kemudian menjadi sinyal bagi Google untuk memberikan hukuman pada website Anda.

3. Tidak Bagus untuk target SEO Jangka Panjang

Meski tergolong cepat meningkatkan ranking di Google, cara ini belum tentu bagus untuk SEO jangka panjang. Sebab Google dapat langsung melakukan suspend kepada website Anda saat teknik terlarang ini terdeteksi.

Sehingga, Anda harus memulai semuanya dari awal lagi. Jadi niatnya yang ingin cepat-cepat mendapat ranking, justru harus kerja dua kali untuk memperbaiki semuanya.

Ciri Link Farming dan Doorway Page

Untuk menghindari mendapatkan link dengan cara ini, Anda harus tahu ciri khas teknik-teknik tersebut dan berikut ini beberapa di antaranya:

Template Standar

Biasanya website yang melakukan teknik doorway page dan link farming, hanya menggunakan template website biasa. Hal ini untuk menghemat biaya dan waktu untuk mengelolanya.

Topik Postingan Random

Pemilik Link Farm dan Doorway Page biasanya menjadikan link sebagai komoditas mereka. Sehingga wajar jika ada banyak postingan dari berbagai niche terkumpul di website tersebut.

Artikel Jelek

Ciri lain website untuk keperluan link farming dan doorway page adalah artikelnya yang jelek. Hal ini karena konten di web hanya fokus ke kata kunci atau long tail keyword yang menjadi target. Sehingga lebih banyak konten spinner yang jelek.

Penulis Anonim

Tak hanya kualitas konten yang jelek, biasanya website untuk teknik bermasalah ini juga tidak memiliki penulis. Dalam artian, profil penulis artikel tersebut tidak muncul di bagian author.

Konten Original Sedikit

Ciri ciri untuk website link farm ini adalah konten original yang jumlahnya begitu sedikit. Biasanya, sebagian besar konten ini bukanlah konten spinner atau guest post.

Informasi About yang Ambigu

Biasanya, website untuk farming ini memberikan tidak memiliki halaman about us dan sebagainya. Kalaupun ada kata-katanya pun singkat dan tidak jelas siapa pemiliknya.

Terlalu Banyak Eksternal Link

Ciri utama website untuk link farming ini adalah jumlah backlink eksternal yang berlebihan. Biasanya anchor text link tersebut terlalu panjang dan letaknya tidak sesuai.

Jika Anda mendapatkan link dari website dengan ciri-ciri di atas, segera hapus dan blokir. Bersihkan semua agar website Anda tidak terkena dampak buruk akibat mendapat link dari website untuk link farming dan doorway page.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai pengertian link farming dan doorway page yang ternyata sangat berbahaya. Jadi meskipun Anda pemula, informasi ini wajib sekali untuk Anda ketahui.

Supaya maintenance link di website ini tetap aman dan terjaga, Anda bisa memanfaatkan layanan dari jasa SEO spesialis yang ada. Dengan begitu segala urusan bersih-bersih link bermasalah bisa beres dengan mudah. Semoga dapat bermanfaat.

Rate this post

Tinggalkan komentar